KONFIGURASI PERMISIONS ACCES DI UBUNTU SERVER


Kembali lagi dengan saya...hehehehe
Untuk postingan kali ini saya akan menampilkan tutorial Konfigurasi permision acces di ubuntu server
buat agan agan yang ingin tahu silahkan menyimak tutorial dari saya .Check itt!!!!!! 

tahapan yang pertama yang harus kita lakukan adalah menginstall samba di ubuntu server dengan memasukkan perintah "sudo apt-get install samba" langsung saja tekan Enter...

Kemudian tekan "y" untuk melanjutkan.>>>

Selanjutnya Seperti pada gambar dibawah,ini jangan langsung menekan Enter karena terlebih dahulu kita harus me mount cd Ubuntu server kita.yaitu dengan cara masuk keterminal 2 dengan menekan tombol  
"Alt + f2"...

Setelah berada diterminal 2 lalu masukkan perintah sudo mount /dev/cdrom /media/cdrom untuk melakukan proses instalasi .setelah selesai tekan Alt + f1 untuk kembali keterminal 1 dan melanjutkan proses.

Setelah selesai langkah selanjutnya kita harus meng konfigurasi smba dengan memasukkan perintah "Sudo nano /etc/samba/smb.conf dan tekan Enter.

setelah kamu masuk kehalaman samba/smb.conf, kamu cukup cari ruang kosong, dan buat perintah seperti pada gambar dibawah ini. disini kita ada buat 3 izin akses, yaitu "Umum" yang berarti semua user bisa melakukan RWX (Read, Write, Executed), kemudian "Hanya yang punya akun" yang berarti hanya user yaang terdaftar yang bisa melakukan RWX. dan yang terakhir "hanya akun=efronsagala saja" yang berarti yang akun yang bernama "rosihan96" yang hanya bisa melakukan RWX.


Setelah selesai tahapan konfigurasi,yang harus dilakukan adalah merestartnya dengan memasukkan perintah "sudo service samba restart."


 lalu kemudian kamu membuat directory /share, folder ini dibuat untuk melakukan sharing file antar user. dengan cara memasukkan perintah " sudo mkdir /share" dan tekan enter.


untuk masuk ke folder share kamu cukup memasukkan perintah "cd /share"


Dan beginilah tampilan perhatikan gambar..


Tahapan selanjutnya yang harus dilakukan adalah membuat folder yang terdiri dari 3 buah, yaitu "SEMUA" , "PRIVAT" , "efronsagala".
masukkan perintah "sudo mkdir semua privat efronsagala
*ket = UMUM = untuk folder umum 
          PRIVAT = untuk folder hanya user saja
          efronsagala = untuk folder privat user


Dan jika ingin mengecek folder yang telah kita buat cukup memasukkan perintah "ll"


setelah itu kamu buat daftar user yang kamu ijinkan untuk mengakses ke file server kamu dengan memasukkan perintah "sudo adduser reynaldi" dan tekan enter


masukan password dan untuk tag full name[] itu tidak wajib untuk diisi. dan tekan "y" untuk menyelesaikan pendaftaran user. 



kemudian buat group untuk memisahkan group satu dengan group lainnya dengan memasukkan perintah "sudo addgroup kelsatu" dan tekan Enter,



untuk mengecek group dan user yang telah dibuat kamu cukup memasukkan perintah "cat /etc/group" dan tekan enter


 oke setelah kamu memastikan sudah terbuat semuanya, sekarang kamu harus mendaftarkan  user" yang telah kamu buat ke 2 group yang kamu buat sebelumnya. sebelum kamu mendaftarkan user" tersebut kamu harus masuk ke directory kelsatu atau keldua dengan peintah "cd kelsatu" dan tekan enter.


langkah selanjutnya kamu akan mendaftarkan user kamu ke group yang kamu kehendaki, dengan memasukkan perintah "sudo adduser namauser namagroup" dan tekan enter.

kemudian kamu membuat file yang akan diakses oleh user yang kamu kehendaki untuk bisa diakses dengan memasukka perintah "sudo mkdir milikkel1.text" dan tekan enter, dan buat lagi file-file yang lainnya.

kemudian kamu masukkan perintah "sudo chown ali.keldua milikkel2.text", perintah ini bermaksud hanya user "ali" dan "kelompok 2" yang bisa mengakses file milikkel2.txt

jika kamu masukkan printah "ll" maka akan terlihat seperti ini... "ali" itu berarti usernya yang berhak mengakses dan "keldua" itu kelompok yang juga berhak mengakses ke folder itu.


langkah yang terakhir kamu harus membuat "permisions akses" yang terdiri dari "R=read", "W=write", dan "X=execute" dengan perintah "sudo chmod 750 milikkel2.text" dan tekan enter


maka akan seperti ini

yang dikotakkan merah itu namanya permisions acces, yang berarti user "Ali" berhak mndapatkan hak akses penuh RWX (read,write,execute) yang ditandakan dengan "rwx" sedangkan grup "keldua" hanya mendapatkan hak akses "x=execute dan r=read" saja, yang ditandai dengan "r-x-".



Oke sekian dari admin tutorial diatas terimakasih buat para agan yang selalu setia menyimak nya semoga bermanfaat hehehehehehe sampai ketemu dipostingan yang selanjutnya...


























SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html
Diberdayakan oleh Blogger.

Looped Slider

BoxSlider

International

Auto News

Entertainment

Fun & Fashion

Main Menu Bar

BTemplates.com

Top Social Icons

Pages - Menu

Pages - Menu

Popular Posts