Tutorial Konfigurasi DNS Menggunakan Bind9 Server

Tutorial kali ini kita akan membuat DNS Server dengan menggunakan aplikasi Bind9 Server, sebelum memulai kamu install dulu Bind9 Servernya, untuk melihat bagaimana cara menginstallnya. pada tutorial ini saya akan membuat 3 subdomain yaitu "www,ftp,blog"
DNS singkatan dari Domain Name System yang berfungsi untuk menerjemahkan IP menjadi nama host ataupun sebaliknya sehingga mudah diingat oleh pengguna internet.

Pertama ketikkan perintah "sudo nano /etc/bind/named.conf.local" dan tekan enter, nantinya kita akan melakukan konfigurasi dengan mendaftarkan alamat domain kita.. disini saya akan membuat "neptunus.reynaldimhrp" untuk memudahkan saya mengakses IP Server saya.
 
masukkan perintah-perintah seperti ini file "/etc/bind/fwd-neptunus.reynaldimhrp" ini penting dibuat, karena nantinya kita akan memasukkan konfigurasi subdomainnya disini.

kemudian langkah selanjutnya copy isi program dari file "/etc/bind/db.empty" dan kita pindahkan ke file dns kamu "/etc/bind/fwd-neptunus.reynaldimhrp" yang telah kita buat sebelumnya. dengan cara ketikkan perintah"sudo cp /etc/bind/db.empty /etc/bind/fwd-neptunus.reynaldimhrp" dan tekan enter.
setelah kamu copy semua file yang ada di db.empty, sekarang kamu bisa buka file dns yang telah kamu buat. masukkan perintah "sudo nano /etc/bind/fwd-neptunus.reynaldimhrp" dan tekan enter untuk melakukan konfigurasi.
 
 setelah berhasil kamu buka hapus "localhost" dan ganti dengan nama hostname yang telah kamu buat 
lalu kamu simpan dan masukkan perintah "sudo nano /etc/resolv.conf" dan masukkan perintah "nameserver 10.1.2.80" ini berguna untuk menandakan domain yang kita akses itu mengarah ke server kita
 
 Kemudian kamu simpan dan restart Bind9 kamu dengan masukkan perintah "sudo service Bind9 restart" dan jika tampilannnya seperti gambar dibawah ini, berarti kita sudah berhasil membuat DNS untuk server kita.
Setelah semua beres... untuk membuktikan kalau kita bisa mengakses server tanpa harus memasukkan IP servernya.. coba lakukan ping ke server dengan menggunakan nama hostname yang telah kita buat "ping neptunus.reynaldimhrp" dan coba juga ping menggunakan subdomain yang telah kita buat
"ping www.nwptunus.reynaldimhrp"
"ping ftp.neptunus.reynaldimhrp"
"ping blog.neptunus.reynaldimhrp"
 
 Kamu telah berhasil membuat DNS untuk server kamu,
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html
Diberdayakan oleh Blogger.

Looped Slider

BoxSlider

International

Auto News

Entertainment

Fun & Fashion

Main Menu Bar

BTemplates.com

Top Social Icons

Pages - Menu

Pages - Menu

Popular Posts