TUTORIAL INSTALL DAN KONFIGURASI WORDPRESS DI UBUNTU SERVER

Baiklah teman teman kali ini saya akan membagikan postinga terbaru di blog saya tentang install dasn konfigurasi worpress di ubuntu server..
baiklah mari kita simak gimana tutorialnya
oke langkah pertama ialah kamu harus menginstal webserver di Ubuntu Server. ketikkan perintah :
"sudo apt-get install apache2 mysql-server php5-mysql"   
dan tekan enter


oke langkah selanjutnya, instal "Satpam" untuk webserver kamu, ini ditujukan agar web server kamu aman dari orang" yang tidak bertanggung jawab. dengan cara :
"mysql_secure_installation"  
 kemudian kamu masukkan password yang "SAMA" dengan password yang kamu berikan saat menginstall MySQL tadi

pada langkah ini kamu ditawarkan untuk mengganti password, jika kamu tertarik untuk mengganti password kamu masukkan "Y" dan jika tidak "n"
 
pada langkah selanjutnya kamu diminta untuk menghapus user "anonymous", jika kamu ingin menghapusnya tekan "y" dan jika tidak tekan "n"

kemudian tekan "y" lagi dan lagi sampai proses selesai

setelah proses instal webserver telah selesai, instal PHP5 dahulu

Setelah proses instalasi selesai, Pastikan kamu memiliki file Wordpress berektensi .zip, seperti pada gambar

pindahkan ke File tersebut ke folder yang disediakan oleh WebServer yaitu "/var/www" dimana difolder inilah terletak file-file yang nantinya akan ditampilkan diweb browser kamu.
ketikkan perintah :
"sudo mv wordpress-4.4.2.zip (tergantung nama file) /var/www"
untuk memindahkan filenya


masuk ke "/var/www"  dan cek apakah file sudah masuk apa belum
"cd /var/www" dan kemudian ketik "ls" atau "ll"

Sebelum kamu meng-ektrak file wordpressnya kamu diharuskan untuk menginstal applikasi "unzip" di ubuntu server, dengan memasukkan perintah :
"sudo apt-get install unzip"
setelah "unzip" terinstal sekarang kamu harus meng-ekstrak file Wordpress dengan memasukkan perintah :
"sudo unzip wordpress-4.4.2.zip" 
dan berikut proses ektraknya GANN!!!


File yang telah terekstrak akan dijadikan sebuah folder dengan nama yang sama secara otomatis (tulisan yang berwarna biru) , kamu bisa langsung mengeceknya sendiri masukkan perintah "ls" atau "ll"




Kemudian masuk ke directory Apache,  apache itu ialah sebuah nama web server yang bertanggung jawab pada request-response HTTP dan logging informasi secara detail(kegunaan basicnya). 
masukkan perintah :
"cd /etc/apache2/sites-available/"

Sebelum melangkah lebih jauh, ane akan membuat subdomain baru untuk memanggil wordpress, dengan nama "wp.namex.rosinux". masuk kekonfigurasi Bind9 dengan cara
"sudo nano /etc/bind/fwd-namex.rosinux"
dan lakukan konfigurasinya

Setelah kamu selesai mendaftarkan subdomain baru, kita akan melanjutkan proses yang tertunda tadi.. masih di-directory "apache2" disini kita akan mengcopy sebauh file yang bernama "000-default.conf" ke subdomain kita yaitu "wp.namex.rosinux" untuk mendaftarkan domain kita dan mendaftarkan file wordpress yang telah kita ekstrak sebelumnya.
langsung saja ketikkan perintah :
"sudo cp 000-default.conf wp.namex.conf" (kenapa di DNS kita berakhiran "conf", ini agar bisa dibaca ubuntu kalau file ini dibuat untuk melakukan konfigurasi)





Setelah file "000-default.conf" sudah dicopy ke DNS kita, saatnya kita akan melakukan konfigurasi terhadap DNS kita.
masukkan perintah :
"sudo nano wp.namex.conf"

lakukan konfigurasi seperti pada gambar
*servername : masukkan alamat lengkap dns kamu
*documentroot : masukkan alamat lengkap letak folder wordpress kamu
*errorlog & customlog : masukkkan alamat DNS kamu




setelah selesai masukkan perintah "sudo a2ensite wp.namex.conf" (untuk menyimpan dan menjalankan hasil konfigurasi kamu)
dan kemudian masukkan perintah "sudo service apache2 restart"untuk menyimpan seluruh setingan pada directory apache2






kamu telah selesai mensetting directory Apache kamu, sekarang kembali ke directory "/var/www" untuk mensetting Wordpressnya
masukkan perintah" berikut :
Sebelum  menginstall wordpress di server ubuntu 14.04, anda memerlukan database untuk menyimpan dan mengelola data-data situs anda nantinya. Kita bisa membuat database dan user baru melalui phpmyadmin. Namun, jika kamu belum install phpmyadmin di ubuntu kamu, silahkan  buat database MySQL secara manual melalui terminal console  dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini :


  1. Login ke account root MySQL anda dengan mengetik :
     
    mysql -u root -p

    Anda akan diminta untuk memasukkan password, silahkan anda konfirmasi password anda untuk dapat menggunakan layanan MySQL.
  2. Membuat databas baru. Disini saya membuat database baru bernama wordpress. Anda bisa mengganti nama database tersebut sesuai keinginan anda.
     
    CREATE DATABASE wordpress; 
     
  3. Selanjutnya membuat user dan password baru. Saya membuat user bernama rosihan dengan password arbi. Anda bisa merubah nama user dan password tersebut semau anda.
     
    CREATE USER rosihan@localhost IDENTIFIED BY 'arbi';
     
  4. Sekarang anda sudah memiliki database dan user baru yang akan anda gunakan untuk wordpress. Namun antara database dan user masih terpisah. Oleh karena itu, silahkan anda berikan hak akses user tersebut ke database yang baru saja anda buat dengan cara :
     
    GRANT ALL PRIVILEGES ON wordpress.* TO rosihan@localhost;
     
  5.  Terakhir silahkan anda flush dan exit untuk keluar dari MySQL database :
    FLUSH PRIVILEGES;
    exit
     
     


masuk ke folder "wordpress" dan copy file "wp-config-sample.php" dan buat file baru dengan nama "wp-config.php"... copy ke file tersebut.. ini untuk menkonfigurasi wordpress kamu dan memasukkan database MySQL yang telah dibuat sebelumnya
masukkan perintah :
"sudo cp wp-config.php wp-config.php"

"sudo nano wp-config.php"untuk menkonfiugurasinya

ubah "database" menjadi wordpress sesuai dengan nama database yg kamu buat, dan ubah "nama user" dengan nama user ubuntu server kamu, dan masukkan password MYSQL kamu

jiika telah selesai, buka browser kamu dan ketikkan "wp.namex.rosinux" maka tampilan seperti INI menandakan anda telah berhasil instal Wordpress server





sekian dulu tutorial kali ini, semoga bermanfaat buat kalian... dan sampai jumpa ditutorial selanjutnya ...
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 komentar:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html
Diberdayakan oleh Blogger.

Looped Slider

BoxSlider

International

Auto News

Entertainment

Fun & Fashion

Main Menu Bar

BTemplates.com

Top Social Icons

Pages - Menu

Pages - Menu

Popular Posts